Minggu, 15 September 2013

"Pertemuan Kedua"

Materi yang disampaikan

KESATUAN EJAAN


1. Penulisan huruf
  • Huruf banyak jenisnya dan juga penggunaannya pada setiap jenis kalimat pun berbeda-beda yaitu seperti huruf kapital, huruf dalam judul, huruf yang dicetak tebal, huruf yang digaris bawah, dan masih banyak lagi.
2. Penggunaan huruf
  • Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan huruf pada setiap kalimat berbeda-beda. Seperti huruf kapital digunakan pada awal kalimat, nama diri, judul, nama gelar seseorang, dalam kop surat, dan lain-lain.
3. Penggunaan tanda baca
  • Tanda baca seperti: titik, koma, tanda tanya, tanda seru, titik dua, titik koma, garis miring, tanda kurung, setrip, tanda hubung, dan masih banyak lagi.
4. Penggabungan kata
  • Penggabungan kata disebut juga konjungsi atau tanda hubung. Contoh-contoh konjungsi seperti karena, dan, tetapi, meskipun, barangkali, jadi, oleh karena itu, dan lain-lain.


Note:
  1. Kesatuan dalam frasa kesatuan ejaan memiliki makna sopan atau tata krama.
  2. Kata "antar" selalu menyatu dengan kata lainnya, contoh: antarkota.
  3. Awalan seperti awalan di (salah satu contohnya) selalu digabung dengan kata lainnya, contoh: digabung.
  4. Dibumihanguskan dihitung satu kata.
  5. Penulisan mem-PHK-kan adalah penulisan kata yang benar.
(Sumber : "Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir" edisi keempat karya Ninik M.Kuntarto)


Tugas yang diberikan
  • memvideokan yel-yel yang sudah ditampilkan di depan kelas pada pertemuan kedua, dengan menampilkan keindahan lingkungan sekitar Universitas Multimedia Nusantara. Setiap video diunggah ke youtube dengan format nama kelompok _ bhsind _ umn _ angkatan. Diharapkan dengan adanya tugas ini kreativitas mahasiswa/mahasisiwi muncul, tertanam rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia, nama mahasiswa/mahasiswi serta kampus UMN menjadi terekspos ke dunia maya, dan yang terakhir yel-yel ini dapat menularkan virus kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia. 
kriteria penilaian:
  1. kekompakan;
  2. kreativitas;
  3. keindahan tayangan video;
  4. dan, ketepatan memilih tema.
(dikumpulkan pada pertemuan ketiga)
  • membuat blog kelompok yang memuat laporan kegiatan setiap pertemuan perkuliahan, memuat tugas perkuliahan yang telah dinilai, dan memuat materi yang dijelaskan disetiap pertemuan. setiap kelompok wajib memiliki alamat blog dengan format nama kelompok_bhsind_umn_angkatan. Diharapkan dengan adanya blog ini mahasiswa/mahasiswi dapat mempertanggungjawabkan tugas mereka terhadap dosen, mengabdikan setiap tugas sebagai portofolio, lebih semangat belajar, memiliki rasa bangganya terhadap hasil karyanya, dan memberikan pelajaran kepada pembaca.
kriteria penilaian:
  1. penampilan blog;
  2. kelengkapan blog;
  3. isi laporan perkuliahan;
  4. dan, isi tugas.
(dikumpulkan pada pertemuan ke empat belas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar