Materi yang Disampaikan
PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA
- Surat lamaran adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan.
- Prinsip-prinsip surat lamaran kerja adalah:
- Attraction (Daya Tarik) => Daya tarik dapat Anda wujudkan dengan mengemas surat lamaran kerja ke dalam sampul yang menarik dan mewujudkannya melalui bahasa surat yang menarik, sopan, dan efektif.
- Attention (Perhatian) => Kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan ketertarikan Anda pada posisi tersebut.
- Action (Tindakan) => Kemukakan bahwa Anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada Anda untuk melakukan wawanca kerja.
- Tiga bagian utama penulisan surat lamaran yaitu
- Paragraf Pembuka
- Awali dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang Anda inginkan. Kemudian, jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga. Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut nama atau sumber publikasi.
- Paragraf Isi
- Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenispekerjaan yang ditawarkan. Anda juga perlu menjelaskan pendidikan nonformal sebagai pengetahuan tambahan di luar bidang studi yang Anda dapatkan melalui jalur formal. Nyatakan secara lengkap sikap, minat, kualitas, aktivitas berbagai pekerjaan,dan kegiatan yang pernah Anda lakukan.
- Paragraf Penutup
- Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan. Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga. Berikan juga alamat yang jelas agar pihak lembaga mudah menghubungi Anda.
- Resume atau Curriculum Vitae merupakan laporan perincian kualifikasi pelamar yang kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari surat lamaran kerja. Kemukakan poin-poin penting tentang kemampuan Anda dimulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi, dan referensi. Kemukakan hal-hal tersebut dengan memerhatikan kerapian, kesederhanaan, keakuratan, dan kejujuran.
- Setelah mempelajari surat lamaran kerja dan resume, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan wawancara kerja. Persiapan yang baik, mulai dari cara berpakaian, cara duduk, nada suara, cara memasuki ruangan, cara menjawab pertanyaan, dan lain-lain harus diperhatikan.
- Salah satu langkah yang harus dilakukan oleh pelamar pekerjaan adalah tes psikologi. Tes psikologi atau psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa- apa yang mendukunganya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis. Tes psikologi dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Jenis tes tertulis berupa tes motivasi, tes aritmatika, tes konsistensi diri, tes kepemimpinan, tes kepribadian, dan tes kebahasaan. Tes kebahasaan terdiri atas tes persamaan kata (sinonim), tes lawan kata (antonim), dan tes analogi.
(Sumber : "Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir" edisi keempat karya Ninik M.Kuntarto)
Tugas yang Diberikan
Kelompok Nusantara mendapatkan tugas selanjutnya yaitu menyusun surat lamaran kerja dan juga resumenya. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat memanfaakan penguasaan bahasa Indonesia sebagai alat memasuki dunia kerja. Diharapkan dengan adanya tugas ini mahasiswa:
- dapat lebih terampil menulis surat dan resume;
- memilki kepekaan kesalahan bahasa;
- dapat lebih mengenal bahasa Indonesia;
- dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat melalui dunia maya;dan
- memiliki kebanggaan dengan karyanya yang terekspos di dunia maya.
Tugas ini dilakukan dengan mencari iklan lowongan pekerjaan di media massa, membuat surat lamaran berdasarkan iklan lowongan pekerjaan, melengkapi dengan resume, melengkapi dengan foto dan persyaratan lainnya, memasukkan surat lamaran dan resume ke dalam sampul surat; dan mengunggah surat lamaran dan resume ke blog kelompok.
Krirteria penilaian dari tugas ini yaitu
- kerapian format tulisan;
- isi surat lamaran;
- mengawali kalimat pembuka dengan menarik;
- mengemas surat dan resume dengan menarik;
- penerapan kesantunan bahasa;dan
- tanpa mengandung kesalahan bahasa.
(dikumpulkan pada pertemuan ketigabelas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar